Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kemampuan Komunikasi Ilmiah Tertulis Siswa Dalam Melaporkan Hasil Eksperimen Fisika Di SMA Negeri 1 Tolitoli
Nama: FADLINA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi ilmiah tertulis siswa dalam melaporkan hasil eksperimen fisika di SMA Negeri 1 Tolitoli. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi kualitatif dengan subjek sebanyak 25 siswa kelas XI Teknik 2, sedangkan enam siswa dipilih sebagai responden melalui teknik purposive sampling untuk mewakili kategori tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kinerja berupa laporan eksperimen dan wawancara semi terstruktur, kemudian dianalisis berdasarkan tiga aspek utama, yaitu isi, bahasa, dan konstruksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi ilmiah tertulis siswa berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata nilai 70,48. Aspek isi memperoleh persentase 71,80?ngan kategori baik, aspek bahasa 68,33?ngan kategori baik, dan aspek konstruksi 68,50?ngan kategori baik. Kemampuan komunikasi ilmiah tertulis siswa tergolong cukup baik, namun masih memerlukan pembimbingan terutama pada penggunaan bahasa ilmiah dan sistematika laporan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up