JudulPengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Ular Tangga Lottery Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fisika |
Nama: ULFIYA K. MADANUN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ulfiya K. Madanun, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Ular Tangga Lottery Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fisika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbimbing Ielda Paramita S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, mengetahui kelayakan dan kepraktisan penggunaan game ular tangga lottery card sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Dovelopment (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yakni (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest untuk mengukur pemahaman konsep dan angket digunakan untuk mendapatkan kepraktisan media. Berdasarkan validasi ahli media menunjukan skor 89?ngan kategori “sangat valid”, validasi ahli materi menunjukan skor 85?ngan kategori “sangat layak”, respon guru terhadap media menunjukan 88,33?ngan kategori “sangat praktis”, dan respon siswa menunjukan 90,46?ngan kategori “sangat praktis”, serta hasil pretest-posttest pemahaman konsep siswa menunjukan dari pretest 39,46?n posttest 74,64?ngan nilai N-Gain sebesar 0,6 kategori “sedang”. Hasil validasi dan penilaian tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran game ular tangga lottery card yang telah dikembangkan dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran. Kata kuci: ADDIE, Media Pembelajaran, Ular Tangga Lottery Card, Pemahaman Konsep |