Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Termodinamika Dengan Berbantuan PhET Simulator
Nama: VIOLA MAHARANI AGUSTIN
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi termodinamika dengan bantuan media simulasi PhET. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa kelas XI C di MAN Tolitoli. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang mewakili tiga indikator pemahaman konsep menurut Bloom, yaitu penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep siswa meningkat dari 41,15 pada pretest menjadi 81,73 pada posttest. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dan uji hipotesis dengan paired sample t-test menghasilkan nilai thitung = 11,55 > ttabel = 1,71 dengan nilai signifikansi ? = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning berbantuan PhET Simulator terhadap pemahaman konsep siswa. Temuan ini menyimpulkan bahwa kombinasi Based Learning dan media simulasi PhET efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika, khususnya pada materi yang bersifat abstrak seperti termodinamika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up