JudulPengaruh Penerapan ChatGpt Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik |
Nama: DINDA AYU LESTARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Dinda Ayu Lestari, 2025. Pengaruh Penerapan ChatGPT Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Muh. Syarif, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan chatgpt terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi, dengan desain penelitian adalah Equivalent Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Parigi Tengah yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 57 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling dengan sampel penelitian kelas XI A (n=20) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B (n=20) sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan tes esai berjumlah 13 soal yang telah divalidasi dengan reliabilitas tes 0,777. Analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan ? < 0> ???????????????????????? 2,024 dengan taraf signifikansi sebesar 0,008 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan chatgpt terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : ChatGPT, Keterampilan Berpikir Kritis. |