Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Evaluasi Wordwall Pada Pembelajaran Fisika Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
Nama: DARMA KHARISMA RAUF
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media evaluasi Wordwall pada pembelajaran fisika untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi, dengan desain penelitian adalah Equivalent Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Kota Palu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 200 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sampel penelitian kelas X A (n=20) sebagai kelas eksperimen dan kelas X B (n=20) sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan tes esai berjumlah 9 soal yang telah divalidasi dengan reliabilitas tes 0,727. Analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pretest kelas eksperimen sebesar 43,30 dan Pretest kelas kontrol sebesar 39,30 sedangkan Posttest kelas eksperimen sebesar 81,90 dan Posttest kelas kontrol sebesar 79,80. Berdasarkan uji Independent Sample T-test data Posttest diperoleh nilai 2,203 > 2,024 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media evaluasi wordwall pada pembelajaran fisika untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up