Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Modul Ajar Fisika Berbasis Keraifan Lokal Donggala Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka
Nama: NURFIA MAGFIRA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar fisika berbasis kearifan lokal Donggala menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Kearifan lokal yang diangkat Madalah proses pembuatan kain tenun tradisional Donggala yang mengandung konsep-konsep fisika, khususnya materi tegangan tali. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Modul dikembangkan untuk peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Palu. Hasil validasi ahli. Ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 3,49, ahli modul memperoleh skor 3,41, dan validasi oleh dua guru fisika memperoleh skor 3,46, seluruhnya berada dalam kategori sangat baik. Selain itu, hasil angket kepraktisan dari peserta didik menunjukkan skor rata-rata 3,48, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 3,31, keduanya juga termasuk dalam kategori sangat baik. Dari aspek efektivitas, modul ajar yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, modul ajar fisika berbasis kearifan lokal Donggala menggunakan model Problem Based Learning (PBL) ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika yang kontekstual sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up