Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN ALAT PERAGA ANEMOMETER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KONSEP DINAMIKA FLUIDA UNTUK SISWA SMA
Nama: MOH. FADIL
Tahun: 2025
Abstrak
Moh. Fadil, 2025. “Pengemangan Alat Peraga Anemometer Sebagai Media Pembelajaran Pada Konsep Dinamika Fluida Untuk Siswa SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Unggul Wahyono, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan alat peraga anemometer sebagai media pembelajaran konsep dinamika fluida untuk siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan validasi ahli media menunjukkan skor 3,68 dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil penilaian guru mata pelajaran Fisika menunjukkan skor 3,75 dengan kategori “Sangat Baik”. Analisis respon tanggapan peserta didik menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,33 dengan kategori “Sangat Setuju”. Uji keberhasilan yang diperoleh yaitu membandingkan antara nilai terukur dan nilai referensi, sehingga menghasilkan presentase keberhasilan 91,22%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Alat Peraga Anemometer, Media Pembelajaran, ADDIE

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up