JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGETAHUI LITERASI SAINS PADA MATERI FISIKA DI KELAS IX SMP LABSCHOOL PALU |
Nama: RIO SETIAWAN SYAM |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rio Setiawan Syam, 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Mengetahui Literasi Sains Pada Materi Fisika Di Kelas IX SMP Labschool Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ielda Paramita, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan dan untuk mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran terintegrasi kearifan lokal sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yakni (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluation. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan skor 3,26 dengan kategori ”Sangat Baik”, validasi ahli media menunjukkan skor 3,08 dengan kategori “Baik” hasil penilaian guru mata pelajaran IPA menunjukkan skor 3,18 dengan kategori “Setuju”. Analisis respon tanggapan peserta didik menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,06 dengan kategori ”Setuju” dan hasil tes literasi sains peserta didik menunjukkan skor rata-rata 76,5 dengan kategori “Baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran terintegrasi kearifan lokal yang dikembangkan telah terbukti valid dan praktis sebagai sumber belajar untuk mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi yang di kontekstualisasikan melalui alat musik tradisional lalove. Kata Kunci: Media pembelajaran, kearifan lokal, Literasi sains, ADDIE |