JudulAnalisis Persepsi Peserta Didik Dalam Konteks Energi Terbarukan Memanfaatkan AI Dan Simulasi Dalam Pembelajaran Fisika |
Nama: ALFITO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Alfito, 2025. "Analisis Persepsi Peserta Didik dalam Konteks Energi Terbarukan Memanfaatkan AI dan Simulasi dalam Pembelajaran Fisika". Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Dr. Haeruddin, S.Pd., M.Si, (2) Rizki Ilmianih, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi peserta didik terhadap penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan simulasi dalam pembelajaran fisika pada materi energi terbarukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-A dan X-B di MAN 1 Kota Palu dengan total responden sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket skala Likert dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik berada pada kategori sangat setuju dengan rata-rata skor 3,84. Peserta didik merasa terbantu dalam memahami konsep abstrak energi terbarukan melalui pendekatan pembelajaran berbasis AI dan simulasi. Keunggulan dari pendekatan ini adalah integrasi simultan antara AI dan simulasi PhET yang saling melengkapi: AI memberikan penjelasan yang bersifat interaktif, sementara simulasi menyuguhkan visualisasi yang konkret. Pendekatan ini dinilai mampu meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan minat belajar peserta didik terhadap materi energi terbarukan |