JudulPengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Palu |
Nama: INDAH PUTRI RAMADANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Indah Putri Ramadani, “Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Palu”. Program studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, 2024. Pembelajaran yang baik dapat dilihat dari suasana kelas serta interaksi antara guru dan siswa. Penggunaan media pembelajaran yang biasa dan tidak menarik perhatian siswa dapat menyebabkan siswa tidak bersemangat dan akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya pengaruh media pembelajaran fisika berbasis wordwall terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Palu. Metode penelitian ini yaitu metode kuasi eskperimen (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa SMAN 1 Palu tahun ajaran 2023/2024 yaitu 31 siswa kelas IPA 3 kelas eksperimen dan 31 siswa X IPA 2 kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar siswa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) skala likert Berdasarkan hasil uji indenpendent sample T-test diperoleh bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran fisika berbasis wordwall terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 PALU. Uji independent sampel T-test dengan mengacu pada nilai sinifikansi 0,05 didapatkan nilai dari Sig (2-tailed) data posttest yaitu sebesar 0,00 < 0,05 maka dinyatakan Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran fisika berbasis wordwall terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Palu. Kunci: Motivasi belajar, Wordwall, Fisika. |