Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSIKAP SISWA TERHADAP MODUL AJAR FISIKA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DAN HUBUNGANYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 PALU
Nama: SUSMAWATI
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap modul ajar fisika berbasis kurikulum merdeka dan hubunganya dengan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan model penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan tekni Random Sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan ketentuan penarikan sampel tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian yaitu kelas XI 4 dan kelas XI 5 SMA Negeri 7 Palu. Dalam setiap kelas berjumlah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen sikap siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan korelasi sebesar 0,503. Hal ini berarti bahwa nilai rhitung 0.503> rtabel 0,250, dengan nilai Signifikansi; Sig. (2-tailed) sebesar <.001 (Sig. < 0,05). Selain itu hasil uji determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0.253. Nilai R square ini berasal dari pengkuadratan nilai koefisien korelasi atau “R” yaitu 0.503 = 0.253. Sehingga besarnya angka koefisien determinasi adalah 0.253 atau sama dengan 25,3%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel sikap siswa (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 25,3%, sedangkan sisanya sebesar 74,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil pada uji korelasi dan uji determinasi H0 ditolak dan Ha diterima, serta dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap modul ajar fisika dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up