JudulPenerapan Model Pembelajaran Ricosre Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Sigi |
Nama: SUKMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sukmawati, 2024. “Penerapan Model Pembelajaran RICOSRE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Nurjannah S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran RICOSRE (Reading, Identifying the problem, Constructing the solution, Solving the problem, Reviewing the problem, and Extending the problem) pada mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 1 Sigi berjumlah masing-masing 28 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes uraian berjumlah 5 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain untuk kelas eksperimen sebesar termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran RICOSRE dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (pembelajaran langsung). Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran RICOSRE |