JudulIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENDORONG PROSES BERNALAR KRITIS PADA MATERI HUKUM OHM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
Nama: BAGUS DWI SETIAWAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Bagus Dwi Setiawan,2024. “Implementasi Pembelajaran Eksperimen untuk Mendorong Proses Bernalar Kritis pada Materi Hukum Ohm dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Haeruddin, M.Si. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Eksperimen untuk Mendorong Proses Bernalar Kritis pada Materi Hukum Ohm dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas XII di SMAN 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan meggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 3 Palu yang terdiri dari 198 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XII MIPA 3 (n=33) sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 6 (n=33) sebagai kelas kontrol. Instrumen Hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Hasil tes Hasil belajar setelah diberikan perlakuan menunjukkan bahwa skor ratarata kelas eksperimen 76,55 dan kelas kontrol 54,38. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji T (Independent Sample T-test) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Palu. Kata Kunci : Pembelajaran Eksperimen, Bernalar Kritis, Hasil Belajar Siswa |