JudulPENERAPAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA |
Nama: WINDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan STEM terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA di SMP Negri 1 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-posttest Design. Teknik sampling yang yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan Sampel sebanyak 25 siswa kelas VIII B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa pengamatan secara langsung menggunakan lembar observasi psikomotorik. Nilai rata-rata pre-test sebesar 77,7 dan nilai rata-rata post-test yang diperoleh sebesar 86,1 atau dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji paired simple test pada pretest dan posttest diperoleh siginfikansi atau Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil kemampuan psikomotorik yang siginfikan. Kemudian selanjutnya Uji N-Gain, diperoleh nilai sebesar 0,37 dalam kategori sedang yang artinya terjadi peningkatan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa. |