JudulPengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Science Technology Engineering And Mathematics Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Sigi |
Nama: ELSAPITA.A.ONTO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Elsapita A Onto, 2024. Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Sahrul Saehana, M.Si. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model PjBL-STEM terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini berupa eksperimen kuasi dengan desain penelitian the non-equivalent pretest-posttest grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Sigi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian kelas VIII A (n = 25 sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII B (n = 25 sebagai kelas kontrol). Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi. Hasil analisis Uji hipotesis menggunakan uji t (2 pihak) diperoleh nilai posttest dengan sig (2-tailed) 0,00 < 0 xss=removed> t_tabel = 1,677 ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan N-gain score, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang cukup signifikan setelah penggunaan model PjBL- STEM yaitu sebesar 42,48 %, dan model discovery learning-saintifik 21,22%. Hasil penelitian ini juga didukung adanya analisis lembar observasi yang memperolehan skor keterampilan berpikir kreatif siswa pada setiap indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration kelas eksperimen lebih dinggi daripada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PjBL-STEM dalam pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Project Based Learning Terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics. |