Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tanantovea
Nama: DEWA NYOMAN SADEWA
Tahun: 2024
Abstrak
Dewa Nyoman sadewa, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tanantovea”. Program studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis project terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanantovea. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi (Quasi Experimenteal) dengan desain penelitian pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa SMP Negeri 1 Tanantovea tahun ajaran 2024/2025 yaitu 19 siswa VIII A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa VIII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes soal hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh bahwa nilai hasil Sig. (2-tailed) 0,425 > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran discovery learning pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanantovea. Yang berarti kedua model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Project, Hasil belajar, Usaha dan Energi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up