JudulPengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa |
Nama: AMINI TOBUNGGU |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palu yang terdiri 217 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 (n=32) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 (n=32) sebagai kelas kontrol. Instrumen kemampuan pemecahan masalah berupa tes essay yang divalidasi. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah setelah diberikan perlakuan menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan independent sample T-test diperoleh nilai signifikan sebesar < 0,05 yang membuktikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning berbantuan PhET. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA Negeri 1 Palu. |