JudulPengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 6 Palu |
Nama: SARINA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis HOTS model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4-D dari Thiagarajan. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Palu. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media, lembar angket validasi ahli materi, lembar angket respon peserta didik dan test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validasi ahli media diperoleh persentase dengan dua aspek yaitu desain sampul/cover LKPD 91?n desain isi LKPD 88% . (2) Validasi ahli materi diperoleh dengan 2 aspek yang terdiri dari kelayakan isi yaitu relevansi materi 70%, keakuratan materi 86%, penyajian dan keterbacaan 95?n untuk kebahasaan yaitu lugas 90%, komunikatif 100%, dialogis dan interaktif 80%, kesesuaian dengan kaidah kebahasaan 92%. (3) Validasi respon peserta didik terdiri dari 3 aspek yaitu keterlibatas siswa 81%, pemahaman materi dan penguasaan konsep 83%, kejelasan dan kualitas LKPD 82%. (4) Test yang diperoleh dari hasil pre test dengan rata-rata 43,33 dan post test dengan rata-rata 78,70 sedangkan untuk Gain score 0,58. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. |