Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 6 Palu
Nama: SARINA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis HOTS model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4-D dari Thiagarajan. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Palu. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media, lembar angket validasi ahli materi, lembar angket respon peserta didik dan test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validasi ahli media diperoleh persentase dengan dua aspek yaitu desain sampul/cover LKPD 91?n desain isi LKPD 88% . (2) Validasi ahli materi diperoleh dengan 2 aspek yang terdiri dari kelayakan isi yaitu relevansi materi 70%, keakuratan materi 86%, penyajian dan keterbacaan 95?n untuk kebahasaan yaitu lugas 90%, komunikatif 100%, dialogis dan interaktif 80%, kesesuaian dengan kaidah kebahasaan 92%. (3) Validasi respon peserta didik terdiri dari 3 aspek yaitu keterlibatas siswa 81%, pemahaman materi dan penguasaan konsep 83%, kejelasan dan kualitas LKPD 82%. (4) Test yang diperoleh dari hasil pre test dengan rata-rata 43,33 dan post test dengan rata-rata 78,70 sedangkan untuk Gain score 0,58. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up