JudulHubungan Antara Sikap Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton |
Nama: NI LUH APRIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ni Luh Apriani, “Hubungan antara Sikap Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik pada Materi Hukum Newton”. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, 2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara sikap belajar dan pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi hukum Newton di SMA Negeri 5 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 33 peserta didik di SMA Negeri 5 Palu tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui perolehan nilai angket dan tes pemahaman konsep peserta didik pada materi Hukum Newton. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji pearson korelasi. Berdasarkan uji korelasi diperoleh bahwa hasil uji korelasi yang mengacu pada nilai Sig. (2-tailed) nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka kedua variabel dinyatakan berkorelasi. Dengan nilai korelasi keduanya sebesar 0,639, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara sikap belajar dan pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi hukum Newton, dengan derajat korelasi kuat dan perolehan nilai determinasinya sebesar 40,1%. Kata kunci: sikap belajar, pemahaman konsep fisika, hukum Newton. |