JudulAnalisis Miskonsepsi Peserta Didik Berbantuan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Materi Gerak Dan Gaya Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tanantovea |
Nama: SUKMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Sukmawati : A 241 20 021. “Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Gerak dan Gaya di SMP Negeri 4 Tanantovea. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. 2024. Pembimbing : Muh. Syarif S,Abd Syukur S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi peserta didik dan mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi peserta didik pada konsep materi gerak dan gaya dengan menggunakan tes diagnostik berbantuan Certainty of Response Index (CRI). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tanantovea pada bulan Maret 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dan responden dari penelitian ini yaitu sebanyak 18 orang peserta didik kelas VII Tahun Ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik soal pilihana ganda beralasan dan wawancara terbuka kepada guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 36,75 % dikategorikan paham konsep, sebesar 20,51 % dikategorikan mengalami miskonsepsi, dan sebesar 39,74 % dikategorikan tidak paham konsep. Hasil ini menunjukkan bahwa analisis miskonsepsi peserta didik di SMP Negeri 4 Tanantovea pada materi gerak dan gaya masih tergolong rendah. Kata kunci : Miskonsepsi, Certainty of response index |