Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN APLIKASI MATCH CITY MAP DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN POWERPOINT (PPT) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN KREATIVITAS SISWA
Nama: FRENGKI PUTRA POLE
Tahun: 2024
Abstrak
Pole, Frengki Putra. 2024. “Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menggunakan Aplikasi Match City Map dengan Model Discovery Learning menggunakan PowerPoint (PPT) terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Kreativitas Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kegurusan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Ielda Paramita S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang menggunakan aplikasi Match City Map dengan model pembelajaran Discovery Learning yang menggunakan PowerPoint (PPT) terhadap kemampuan kolaborasi dan kreativitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen Bala Keselamatan Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent groups pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen A dan XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen B. Hasil perhitungan yang diperoleh dari penelitian ini dilakukan uji normalitas, dan uji homogenitas data yang diperoleh homogen dan normal, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu uji parametrik menunjukkan taraf signifikasi 0,000 lebih kecil dari Sig. < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan HI diterima. Hasil uji N-Gain pada kemampuan kolaborasi kelas eksperimen sebesar 0,36 kriteria sedang dan kelas eksperimen B sebesar 0,24 kriteria rendah. Pada kreativitas kelas eksperimen sebesar 0,54 kriteria sedang dan kelas eksperimen B sebesar 0,46 kriteria sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan model Discovery Learning yang menggunakan PowerPoint (PPT) terhadap kemampuan kolaborasi dan kreativitas siswa. Kata Kunci : Project Based Learning (PjBL), Match City Map, Discovery Learning, PowerPoint (PPT), Kemampuan Kolaborasi, Kreativitas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up