JudulPengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Hukum Kepler |
Nama: NURMA YAMALIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurma Yamalia, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Hukum Kepler”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmi Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Darsikin, S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran Fisika Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Hukum Kepler, Mengetahui kelayakan media pembelajaran Fisika Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Hukum Kepler. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development atau R&D) dengan model pengembangan 4D yang mencakup tahap define, design, dan dibatasi sampai development. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah validasi ahli materi dan media, kemudian satu orang guru (Pendidik Fisika SMA Negeri 1 Palu), dan peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Palu) yaitu sebanyak 15 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala Likert, dan analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis Android dengan teknologi Augmented Reality layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi ahli materi, diperoleh skor rata-rata 4,46 dengan kategori “Sangat Baik”. Validasi ahli media menunjukkan skor rata-rata 4,65 dengan kategori “Sangat Baik”. Penilaian guru menghasilkan skor rata-rata 4,38 dengan kategori “Sangat Baik”, dan angket respon peserta didik menunjukkan skor rata-rata 4,36 dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Hukum Kepler. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hukum Kepler |