Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kasimbar
Nama: ILLA ZALZABILAH
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kasimbar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Kasimbar yang terdiri 64 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI P1 (n=32) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI P2 (n=32) sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa soal pilihan ganda 20 nomor hasil adopsi dari penelitian Silva Agustina (2016). Hasil tes hasil belajar setelah diberikan perlakuan menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen 82,66 dan kelas kontrol 59,53. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan independent sample T-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan E-LKPD berbasis teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Kasimbar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up