JudulPenggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 13 Sigi |
Nama: FITRI WALANDOUW |
Tahun: 2024 |
Abstrak Fitri Walandouw, 2024. Penggunaan Model Project Based Learing (PjBL) Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 13 Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. I Komang Werdhiana, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMPN 13 Sigi pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model project based learning (PjBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 13 Sigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment (eksperimen kuasi) dengan desain penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil olah data, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 33,08, dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 33,81. Untuk posttest diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 68,85, dan kelas kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,62. Hasil uji N-Gain pada hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 68,12 % kriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 51,66 % kriteria sedang. Hasil uji hipotesis data N-gain diperoleh nilai Sig (2-Tailed) 0,000 < 0> t_tabel 1,676 yang berarti bahwa H_0 ditolak H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 13 Sigi. Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar Siswa |