JudulPENGEMBANGAN MESIN PENETAS TELUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP KALOR UNTUK SISWA SMP |
Nama: SANTOSO ISMAIL |
Tahun: 2024 |
Abstrak Santoso Ismail, 2024. “Pengembangan Mesin Penetas Telur Sebagai Media Pembelajaran Konsep Kalor Untuk Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Unggul Wahyono, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan mesin penetas telur sebagai media pembelajaran konsep kalor untuk siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yakni (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan validasi ahli media menunjukkan skor 3,43 dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil penilaian guru mata pelajaran IPA menunjukkan skor 3,58 dengan kategori “Sangat Baik”. Analisis respon tanggapan peserta didik menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,40 dengan kategori “Sangat Setuju”. Uji keberhasilan yang diperoleh dari 6 telur ayam yang ditetaskan yaitu 6 menetas, sehingga presentase keberhasilan 100%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Mesin Penetas Telur, Media Pembelajaran, ADDIE |