JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: LISDAMAYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Lisdamayanti, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 7 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Dr. Ir. Amiruddin Kade, M.Si., (2) Miftah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 7 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi, dengan desain penelitian adalah Equivalent Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 7 Palu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 360 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sampel penelitian kelas XI 4 (n=36) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 5 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar fisika dilakukan dengan tes pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan reliabilitas tes 0,71 yang telah divalidasi oleh validator ahli. Analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pretest kelas eksperimen sebesar 45,63 dan Pretest kelas kontrol sebesar 35,94 sedangkan Posttest kelas eksperimen sebesar 83,44 dan Posttest kelas kontrol sebesar 59,06. Berdasarkan uji Independent Sample T-test data Posttest diperoleh nilai Sig (2- tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN 7 Palu. |