JudulPengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning Pada Konsep Listrik Dinamis Kelas IX |
Nama: NURUL ISTIQAMAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Istiqamah, Nurul. 2024. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Discovery learning Pada Konsep Listrik Dinamis Kelas IX. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning pada konsep listrik dinamis kelas IX yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sigi dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP K-13, LKPD, media pembelajaran, bahan ajar dan lembar evaluasi pembelajaran. Perangkat pembelajaran dinilai dengan menggunakan skala 1-4. Hasil validasi keseluruhan perangkat pembelajaran oleh ahli yaitu sebesar 3,41 masuk dalam kategori “Sangat Baik”, uji kelayakan keseluruhan perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran di peroleh rata-rata 3,66 dengan kategori “Sangat Baik”, dan penilaian LKPD, PPT dan bahan ajar yang dilakukan oleh peserta didik di peroleh rata-rata sebesar 3.35 dengan kategori “Sangat Baik”. Bedasarkan penilaian validator ahli dan guru mata pelajaran IPA serta respon peserta didik terhadap LKPD, media dan bahan ajar,maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Discovery learning, Perangkat pembelajaran |