Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Flipbook Berbantuan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP
Nama: ANNISA RAHMAYANTI
Tahun: 2024
Abstrak
Annisa Rahmayanti, 2024. “Pengembangan Flipbook Berbantuan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Drs. Syamsu, M.Si (II) Muhammad Jarnawi, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan penggunaan flipbook berbantuan video sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yakni (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluation. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan skor 3,77 dengan kategori ”Sangat Baik”, validasi ahli media menunjukkan skor 3,5 dengan kategori “ Sangat Baik” dan hasil penilaian guru mata pelajaran IPA menunjukkan skor 3,81 dengan kategori “Sangat Baik”. Analisis respon tanggapan peserta didik menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,39 dengan kategori”Sangat Setuju”. Berdasarkan data perbandingan penilaian guru sebelum siswa menggunakan media pembeajaran dan sesudah menggunakan media pembelajaran flipbook disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Flipbook Berbantuan Video, Media Pembelajaran, ADDIE

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up