Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMAN 5 PALU
Nama: AGNES TRISNA WATI TODING
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Toding, Agnes Trisna Wati. 2024. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMAN 5 Palu pada Pokok Bahasan Alat Optik”. Sripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nurjannah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi alat optik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment (Eksperimen Kuasi). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 4 SMAN 5 PALU, yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes, dan lembar assessment kinerja keterampilan proses sains. Skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 42,51 dan kelas kontrol sebesar 29,97. Skor rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 77,42 dan kelas kontrol sebesar 56,64, dari skor ideal 100. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test dengan uji pihak kanan, diperoleh thitung > ttabel (7,858 > 1,688). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Augmented Reality (AR) lebih meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 5 Palu dibandingkan dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hasil uji N-gain diperoleh nilai rerata peningkatan keterampilan proses sains pada kelas eksperimen sebesar 0,60 pada kategori sedang, dan kelas kontrol sebesar 0,32 juga pada kategori sedang. Kata kunci: Problem Based Learning, Augmented Reality, Keterampilan Proses Sains, Alat Optik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up