JudulPengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Alat-Alat Optik Terhadap Kemapuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Sigi |
Nama: JUMRIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi alat-alat optik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan meggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sigi yang terdiri dari 85 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 (n=29) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 (n=29) sebagai kelas kontrol. Instrumen kemampuan berpikir kritis berupa tes essay yang telah divalidasi. Hasil tes kemampuan berpikir kritis setelah diberikan perlakuan menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen 81,72 dan kelas kontrol 62,59. Untuk menguji hipotesis digunakan uji T (Independent Sample T-test) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 yang membuktikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajarn direct instruction. Berdasarkan hasil uji N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 68,75% kategori cukup efektif dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 35,49% kategori tidak efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi alat-alat optik terhadap kemmpuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sigi. Kata Kunci : Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis |