JudulPENINGKATAN KEYAKINAN SISWA MEMAHAMI KONSEP FISIKA DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN PhET |
Nama: NI MADE SUKMAYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keyakinan siswa memahami konsep fisika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa SMA Negeri 5 Palu tahun ajaran 2024/2025 yaitu 37 siswa di kelas XI M 2 sebagai kelas kontrol dan 31 siswa di kelas XI M 3 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes keyakinan siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa nilai hasil sig 0,44 > 0,05 maka hipotesis pada penelitian ini ditolak , artinya tidak terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keyakinan siswa memahami konsep fisika dengan metode eksperimen berbantuan PhET dibandingkan dengan metode biasa (kontrol). |