Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penerapan Teknologi Instruksional Terhadap Self-Efficacy Dan Penguasaan Konsep Dasar Fisika Mahasiswa Pendidikan Fisika
Nama: MOH FAHRUL
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penerapan teknologi instruksional terhadap self-efficacy dan penguasaan konsep dasar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika di Universitas Tadulako. Sampel terdiri dari 33 mahasiswa semester 3 hingga 5 dari angkatan 2021, 2022, dan 2023. Data self- efficacy dikumpulkan melalui kuesioner, sementara data penguasaan konsep fisika dikumpulkan melalui tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linier sederhana, dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi instruksional memiliki pengaruh signifikan terhadap self-efficacy dan penguasaan konsep dasar fisika mahasiswa, dengan pengaruh sebesar 32,9?n 32,5% masing-masing. Selain itu, ditemukan korelasi positif signifikan antara self-efficacy dan penguasaan konsep dasar fisika (r=0,562, Sig=0,001). Perbandingan indikator dalam aspek Teknologi Instruksional menunjukkan bahwa Perangkat Keras yang Digunakan memiliki dampak paling kecil dengan skor sekitar 1,9. Dalam aspek self-efficacy, indikator keyakinan dalam memahami konsep dasar fisika adalah yang paling rendah yakni 3,02. Pada penguasaan konsep dasar fisika, indikator penerapan konsep fisika dalam pemecahan masalah memiliki skor terendah yaitu 56,9. Temuan ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep dasar fisika membutuhkan perhatian lebih besar dan intervensi tambahan. Penelitian ini menyarankan bahwa integrasi teknologi instruksional dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan keyakinan diri dan pemahaman konsep fisika mahasiswa secara signifikan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up