Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu
Nama: ASMA
Tahun: 2023
Abstrak
Asma, 2023. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, pembimbing Drs. H. Kamaluddi, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada aspek konteks, aspek pengetahuan dan aspek kompetensi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu yang mengacu pada data yang diperoleh dari fakta-fakta yang ada, maka dari itu digunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif adalah pendekatan untuk mengumpulkan informasi atau data yang ada berdasarkan fakta yang diperoleh dari lapangan kemudian dideskripsikan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu pada kelas VII dengan jumlah subjek 20 siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan literasi sains berbentuk two-tier test yang mencakup konsep kalor dan perpindahannya sebanyak 20 butir soal yang diadopsi dari penelitian Budiman dkk., (2021), serta wawancara bersama guru dan responden yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan kemampuan literasi sains siswa kelas VII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu masuk dalam kategori rendah yaitu 46,37%. Pada aspek konteks 60,41%, aspek pengetahuan 37,14?n aspek kompetensi 43,57%. Rendahnya kemampuan literasi sains siswa di sebabkan oleh metode pembelajaran yang belum beraspek literasi sains dan kurangnya pengalam siswa mengerjakan soal literasi sains. Kata Kunci : Literasi Sains, Faktor Literasi Sains, Kalor.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up