JudulPengembangan Video Pembelajaran Berbahasa Kaili Pada Materi Fisika Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa |
Nama: ANNISA REZEKI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Annisa Rezeki, (2024). Pengembangan video pembelajaran bahasa Kaili di materi fisika untuk meningkatkan literasi sains siswa. Tesis, Pendidikan Fisika Program Studi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sahrul Saehana, M.Si dan Ielda Paramitha, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains pada siswa dengan menggunakan Kaili video pembelajaran bahasa pada materi fisika untuk siswa kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain ADDIE (Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA yang berjumlah Siswa XI MIPA yang berjumlah 60 orang dibagi menjadi tiga kelas, sedangkan sampelnya dipilih dari satu kelas yaitu XI MIPA 3 dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel teknik berdasarkan pertimbangan tertentu. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan Tes N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-Gain pada percobaan kelas menunjukkan nilai akhir pretest sebesar 56 dan nilai posttest sebesar 87 dengan N-Gain skor 70 yang termasuk dalam kategori tinggi yang artinya pengembangan video pembelajaran dapat meningkatkan literasi sains siswa. Kata Kunci: Pengembangan video bahasa Kaili, literasi sains. |