JudulAnalisis Penalaran Analogi Siswa Dalam Menjelaskan Konsep Fisika |
Nama: MOH FAUZAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Moh. Fauzan, 2023. “Analisis Penalaran Aanlogi Siswa Dalam Menjelaskan Konsep Fisika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Muhammad Jarnawi, S.Pd.,M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai profil penalaran analogi siswa kelas XI SMA Negeri Ongka Malino yang memiliki kemampuan fisika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal penalaran analogi terkait materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang isiswa yang diambil dari 26 siswa kelas XI SMA N Ongka Malino tahun ajaran 2022/2023. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes tertulis, kemudian dilakukan wawancara untuk memperoleh data lebih mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek yang berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan keempat tahapan indikator penelaran analogi dengan baik, yaitu encoding, inferring, mapping dan applying. Subjek berkemapuan sedang hanya dapat menyelesaikan tiga tahapan indikator penalaran analogi yaitu encoding, inferring dan mapping. Pada indikator keempat yaitu applying, subjek tidak mampu menyelesaikan masalah target dari proses pengaplikasian struktur penyelesaian maslah. Subjek berkemampuan rendah dalam menyelesaiakn soal penalaran dari keempat tahapan indikator penalaran subjek hanya dapat menyelesaikan dua indikator tahapan penalaran analogi yaitu encoding dan inferring. Pada indikator ketiga mapping subjek tidak dapat mengetahui kesamaan atau kemiripan masalah sumber dan masalah target sehingga subjek cenderung memberikan penjelasan yang salah dalam menyelesaikan soal. Pada indikator keempat yaitu applying subjek tidak mampu menyelesaikan masalah target dari proses pengaplikasian struktur penyelesaian masalah. Kata Kunci : Penalaran Analogi |