Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Una-Una
Nama: ADRIANSAH I GIASI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. SMA Kelas X Una-Una. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan Desain penelitian "The Non equivalen Pretest-Postest design". Sampel dalam penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu X3 sebagai kelas ekpserimen dan X4 sebagai kelas kontrol, Untuk mengetahui hasil belajar siswa diberikan soal pretest dan postest sebanyak 15 nomor dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Normal dan Homogen. Hasil Uji hipotesis akhir thitung > ttabel dengan nilai 4,76 > 2,01 dengan keputusan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvesional dengan pendekatan saintifik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up