JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA |
Nama: HARTATI S. SAMBALI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Hartati S.Sambali, (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dengan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbig: Dr. Darsikin, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Project based learning (PjBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Biau tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan sampel penelitian kelas IX A sebagai kelas kontrol dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen. Jenis instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif dibuat dalam bentuk essay yang telah divalidasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji hipotesis (Uji U Mann- Whitney). Hasil menunjukan skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 70,87, sementara kelas kontrol 58,20. uji hipotesis (Uji U Mann-Whitney) menghasilkan perhitungan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai Z_hitung < Z_tabel yang artinya hipotesis H_0 ditolak dan H_1 diterima. Kesimpulanya, model pembelajaran PjBL-STEM berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. |