JudulPengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Sains Sederhana Pada Materi Gelombang Cahaya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 6 Sigi |
Nama: SRY DEWI PUTRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak SRY DEWI PUTRI, 2024. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Sains Sederhana Pada Materi Gelombang Cahaya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 6 Sigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan alat sains sederhana pada materi gelombang cahaya terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA Negeri 6 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Sigi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen kemampuan berfikir kritis peserta didik berupa tes pilihan ganda. Hasil analisis uji Independent Sample T-Test pada nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, maka H1= diterima. Dari perhitungan N- Gain Score, kelas eksperimen sebesar 61?ngan kategori cukup efektif sedangkan kelas kontrol sebesar 46?ngan kategori kurang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan alat sains sederhana pada materi gelombang cahaya terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA Negeri 6 Sigi. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Alat Sains Sederhana |