JudulPemberian Remedial Teaching Berdasarkan Tes Diagnostik Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bambalamotu |
Nama: RADIATUL ADWIAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah Remedial Teaching dapat mengurangi kesalahan konsep fisika siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bambalamotu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatf dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Bambalamotu yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes yang berupa tes diagnostik berbentuk pilihan ganda berasalan ( Two Tier Multiple Choice Test) yang berkaitan dengan materi suhu dan kalor. Analisis data dilakukan dengan mencari persentase pemahaman konsep siswa, tidak paham konsep dan miskonsepsi dari masing-masing indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa SMA Negeri 1 Bambalamotu dikelas XI MIPA 2 pada materi suhu dan kalor masih tergolong rendah Pada penelitian ini diperoleh rata-rata nilai siswa yang diberikan tes diagnostik sebelum dilakukan remedial teaching itu tidak mencapai KKM dimana miskonsepsi siswa masih sangat tinggi namu setelah diberikan remedial teaching nilai rata-rata siswa sangat meningkat dan mencapai KKM dan miskonsepsi siswa menurun. Dapat disimpulkan bahwa remedial teaching dapat mengurangi miskonsepsi pada siswa. |