JudulPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMECAHAN MASALAH BERBASIS LABORATORIUM PADA MATERI GAS IDEAL |
Nama: NURAFNI AMELIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurafni Amelia, 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pemecahan Masalah Berbasis Laboratorium pada Materi Gas Ideal. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Supriyatman. S.Si.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan LKPD pemecahan masalah berbasis laboratorium yang efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R & D (Reseaarch and Development), dengan desain penelitian menggunakan model 4-D yang dibagi menjadi empat tahapan, keempat tahapan tersebut adalah tahap pendefinisian (Defination), tahap perancangan (Design), twhp pengembangan (Devolopment), dan tahap penyebaran (Disseminate). Populasi penelitian ini adalah siswa IPA kelas XI SMA Negeri 1 Kasimbar. Penelitian ini menggunakan observasi dan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Kualitas atau kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan validasi validator menunjukkan presentase 3,53?ngan kategori sangat baik, hasil penilain guru menunjukkan presentase 3,70 dengan kategori sangat baik, dan hasil angket respon peserta didik. Uji coba tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan 24 paserta didik dengan peolehan skor rata-rata pada soal pretest 30 dan postest 77. Hasil uji parametrik Asymp.Sig (2-tailed) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan postest, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) pemecahan masalah berbasis laboratorium pada materi gas ideal yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Pemecahan Masalah |