JudulPENGARUH MODEL PJBL BERBASIS STEM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA ABAD KE-21 |
Nama: PUTRI DIAN RAMADHAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Putri Dian Ramadhan, 2023. Pengaruh Model PjBL Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Abad ke-21. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Darsikin, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajran PjBL berbasis STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada abad ke-21 pada siswa kelas VIII di SMPN 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL Berbasis STEM dan kelas kontrol diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. Hasil posttest yang diperoleh setelah memberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan. Nilai rata-rata Posttest yang diperoleh pada kelas eksperimen 82,50 dan kelas kontrol 62,34. Berdasarkan nilai tersebut kedua kelas mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Hasil analisis dengan menggunakan One way ANOVA menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu data yang diperoleh membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran PjBL berbaisis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas VIII di SMPN 4 Palu. Kata kunci: Project Based Learning, Science, Technology, Engineering, And Mathematic, Berpikir Kritis |