JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Teknik Question Jury Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Banawa |
Nama: ISTA APRILIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan teknik question jury terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banawa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dengan desain penelitian adalah non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banawa tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 38 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, dengan sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Jenis instrumen yang digunakan berupa tes penguasaan konsep, tes dibuat dalam bentuk essay berjumlah 5 nomor. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji N-Gain dan uji hipotesis (uji U Mann Whitney). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan teknik question jury berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dimana dari hasil perhitungan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai Uhitung < Utabel yang artinya hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. |