JudulKemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora Kelas XI Pada Materi Fluida Dinamis |
Nama: MOHAMAD SANDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Mohamad Sandi, 2023. “Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora Kelas Xi pada Materi Fluida Dinamis”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. I Komang Werdhiana, M.Si Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Responden penelitian adalah 14 orang siswa dari 20 siswa kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora Tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan responden pada penelitian ini menggunakan purposive sampling area, dengan cara mengelompokan jawaban siswa sesuai dengan jenis penalaran yang disesuaikan dengan pola-pola penalaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penalaran ilmiah siswa pada materi fluida dinamis masih tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan kategori yang paling banyak diperoleh siswa pada tiap-tiap penalaran ilmiah. Pada pola penalaran korelasi, siswa berkategori No relationship (NR) dimana siswa paling banyak pada ( level 2) dari maksimal (level 4) yang artinya kemampuan penalaran korelasi siswa untuk menghubungkan dua permalasahan atau sebab akibat masih rendah. Kemudian pada pola penalaran proposional, siswa paling banyak berkategori TM (tidak jawab) ), dimana siswa tidak menjawab pertanyaan yang artinya siswa mengosongkan jawaban (level 0). Artinya kemampuan kemampuan siswa untuk memberikan jawaban terhadap masalah yang menyangkut perbandingan masih rendah. Kata Kunci: Penalaran Ilmiah Siswa, Fluida Dinamis |