JudulIdentifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Bunyi Menggunakan Four-tier Diagnostic Test Di SMP Negeri 4 Palu |
Nama: DARNI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Darni, 2023 ”Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Bunyi Menggunakan Four-tier Diagnostic Test di SMP Negeri 4 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr.Marungkil Pasaribu, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi pada konsep bunyi dengan menggunakan four-tier diagnostic test di SMP Negeri 4 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 26 siswa dari kelas VIII anggur. Responden pada penelitian ini diambil berdasarkan kategori miskonsepsi pada setiap butir soal sebanyak 9 nomor dimana setiap nomor berjumlah 1 orang responden sehingga total responden pada penelitian ini berjumlah 9 orang. Hasil analisis miskonsepsi menunjukkan pada soal nomor satu siswa yang tidak dapat menjelaskan bunyi merupakan gelombang longitudinal disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 12% termasuk dalam kategori rendah, pada soal nomor dua siswa yang tidak dapat menjelaskan bunyi memerlukan medium untuk merambat disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 23% termasuk dalam kategori rendah, pada soal nomor tiga siswa yang tidak dapat mengidentifikasi bunyi ultrasonik disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 8% termasuk dalam kategori rendah, pada soal nomor empat siswa yang tidak dapat menentukan ciri-ciri gelombang bunyi disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 35% termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor lima siswa yang tidak dapat menjelaskan perstiwa perambatan bunyi disebakan oleh miskonsepsi sebesar 46% termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor enam siswa yang tidak dapat menjelaskan perbedaan gaung dan gema disebakan oleh miskonsepsi sebesar 35% termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor tujuh siswa yang tidak dapat menjelaskan perbedaan gaung dan gema disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 31% termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor delapan siswa yang tidak dapat menjelaskan bunyi dapat merambat melalui zat padat disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 43% termasuk dalam kategori sedang dan pada soal nomor Sembilan siswa yang tidak dapat menjelaskan cepat rambat gelombang bunyi dipengaruhi oleh medium disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 15%. Kata Kunci: Miskonsepsi, Bunyi, Tes Diagnostik, Four-tier Diagnostic Test |