Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA
Nama: SUCI NURUL RAMADHANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Suci Nurul Ramadhanti, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Dinamika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Muh. Syarif S. Abd Syukur, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Dinamika. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain The Non Equivalen pretest posttest. populasi dari penelitian ini diambil dari X SMA Negeri 2 Biau. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel penelitian kelas X IPA 1 (n=27) sebagai Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STEM dan kelas X IPA 2 (n=27) sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Learning. Untuk melihat kemampuan pemecahan masaalah peserta didik dilakukan dengan tes berupa soal uraian berjumlah 9 nomor yang telah divalidasi dengan reliabilitas tes 0,81. Analisis data untuk menguji hasil penelitian digunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis dengan menggunakan ? = 0,05. Tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 82,96 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 77,04. Berdasarkan hasil uji ANOVA pada pretest kelas ekperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikan 0,07 > 0,05 dan pada posttest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikan 0,02 < 0,05. Hasil penelitian menyatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran STEM dengan melihat adanya peningkatan pemecahan masalah peserta didik pada materi dinamika dan untuk uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata untuk data kelas eksperimen 71,57?lam cukup efektif dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 55,45?lam kategori kurang efektif. Kata Kunci: Science, Technology, Engineering, and Mathematic, Kemampuan Pemecahan Masalah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up