Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODUL FISIKA BERBASIS REACT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTs NAHDLATUL KHAIRAAT LABUAN
Nama: NURUL AHZANNY
Tahun: 2023
Abstrak
NURUL AHZANNY, 2023. “Pengaruh Penggunaan Modul Fisika Berbasis REACT Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa MTs Nahdlatul Khairaat Labuan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr.Sahrul Saehana, M.Si dan Pembimbing (II) Syamsuriwal S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh penggunaan modul fisika berbasis REACT terhadap keterampilan proses sains siswa MTs Nahdlatul Khairaat labuan. Jenis penelitian ini merupakan Quasi eskperimen (Eksperimen Semu) dengan Desain The Nonequivalent pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini diambil dari 2 kelas VIII di MTs Nahdlatul Khairaat Labuan. Kelas Eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran REACT dan kelas Eksperimen 2 menggunakan Modul fisika berbasis REACT. Tes hasil keterampilan proses sains yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 yaitu 65,73 dan kelas eksperimen 2 yaitu 74,70. Hasil uji hipotesis, diperoleh nilai thitung 2,61 dan ttabel 2,00 dengan keputusan H1 diterima karena thitung > ttabel. Pada hasil lembar pengamatan Praktikum dengan persentase nilai pada kelas eksperimen 1 sebesar 62?n kelas eksperimen 2 sebesar 71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan modul fisika berbasis REACT dengan melihat adanya perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen 1 dan 2 dengan selisih nilai sebesar 8,97 pada pembelajaran fisika di kelas VIII MTs Nahdlatul Khairaat Labuan. Kata kunci : (REACT) Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering, Keterampilan Proses Sains

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up