Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri 1 Papalang
Nama: KARMILA
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dasar ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Papalang. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan populasi penelitian berjumlah 55 siswa dan menggunakan The Non-equivalent Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 20 laki-laki dan 20 Perempuan. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal tes keterampilan proses sains dasar, lembar observasi keterampilan proses sains dasar, dan perangkat pembelajaran berupa rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil analisis Independent Sample t-test data posttest mengacu pada nilai Sig ? = 0,05. Diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dasar ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Papalang. Uji Effect Size data pretest dan posttest siswa laki-laki sebesar 1,91 dan siswa perempuan sebesar 2,16 maka keduanya termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up