JudulEFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA |
Nama: THERESYA AYUNINGSI TUNGGAI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Theresya Ayuningsi Tunggai, 2023. Efektivitas Pendekatan STEM (Science, Technology, Engeneering and Mathematics) Terhadap Pemahaman Konseptual Siswa. Skipsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Darsikin, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan STEM (Science, Technology, Engeneering and Mathematics) terhadap pemahaman konseptual siswa materi Momen Inersia pada kelas XI SMA Katolik Santo Andreas Palu. Penelitian ini menggunakan quasi-ekperiment dengan desain control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dengan sampel penelitian yang terdiri dari 16 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan 17 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas dipilih dengan purposive sampling. Pengambilan data menggunkan tes pemahaman konseptual dan lembar observasi pembelajaran dalam kelas. Data hasil penelitian di analisis menggunakan teknik statistik dengan Uji Mann Whitney Test dengan taraf signifikansi 0,05 pada aplikasi SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai asymp.sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang sinifikan pendekatan STEM terhadap pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini menggunakan Uji N-gain untuk mengetahui efektivitas pendekatan STEM yang diterapkan dalam pembelajaran. Hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan kelas eksperimen 83,6 % termasuk kriteria efektif dan kelas kontrol sebesar 38,9% termasuk kriteria tidak efektif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pendekatan STEM, Pemahaman Konseptual. |