JudulANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA KATOLIK ST. ANDREAS PALU |
Nama: MARIA FIRMINA ADISTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA Katolik St.Andreas Palu. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas IX IPA sebanyak 19 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari responden dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil angket untuk aspek nilai karakter jujur 68?ngan klasifikasi tinggi, untuk aspek nilai karakter disiplin 90?ngan klasifikasi tinggi, aspek nilai karakter percaya diri 76?ngan klasifikasi tinggi, dan aspek nilai karakter tanggung jawab 89?ngan klasifikasi tinggi. Sedangkan hasil observasi untuk nilai karakter jujur 77?ngan klasifikasi tinggi, untuk nilai karakter disiplin 84?ngan klasifikasi tinggi, untuk nilai karakter percaya diri 82?ngan klasifikasi tinggi dan untuk nilai karakter tanggung jawab 82?ngan klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai karakter peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA Katolik St. Andreas Palu berkategori tinggi atau baik. Kata Kunci : Nilai-nilai Karakter, Pembelajaran Fisika, SMA Katolik St. Andreas Palu |