JudulPENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM DENGAN MENGGUNAKAN BIJI KELOR (Moringa Oleifera) DAN KARBON AKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN |
Nama: WINDI GALUH KARTIKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Windi Galuh Kartika, 2023. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM dengan Menggunakan Biji Kelor (Moringa oleifera) dan Karbon Aktif terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Teknologi Ramah Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sahrul Saehana, M.Si. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan menggunakan biji kelor dan karbon aktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi teknologi ramah lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Alkhairaat Mepanga. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sumpling dengan sampel penelitian adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Instrumen pemahaman konsep siswa berupa tes pilihan ganda beralasan. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan thitung > ttabel pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = 49. Dari daftar distribusi t diperoleh ttabel =1,67 sedangkan thitung = 2,90. Hal ini berarti H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan menggunakan biji kelor dan karbon aktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi teknologi ramah lingkungan. Kata Kunci: Pendekatan STEM, Biji Kelor, Karbon Aktif, Pemahaman Konsep. |